Halaman

Jumat, 06 April 2018

Intip Pola Makan dan Kehidupan Pegulat Sumo Jepang

ハローこんにちはみんな
Gulat Sumo adalah olahraga Jepang kuno, di mana kalau minna lebih berat maka minna lebih oke! Dalam pertandingannya, mereka saling tatap satu sama lain lalu menampar kaki dan paha besar mereka, itu cara mereka mencoba “mendobrak” mental lawan mereka. Mereka saling dorong sampai ada yang terajatuh atau keluar dari lingkaran arena.
Salah satu pegulat sumo terberat, atau disebut “Rikishi” dalam bahasa Jepang, adalah orang Hawaii kelahiran Konisiki. Bobotnya pernah sampai 630 pound! Jadi, bagaimana sih kok bisa pegulat sumo jadi besar seperti itu?
Trik Pegulat Sumo untuk menjadi “Besar” :
1. Jangan sarapan
Pegulat sumo tidak pernah sarapan. mereka langsung olahraga. Ini adalah cara yang bagus untuk memperlambat cara penurunan metabolisme dan pasti akan makan lebih banyak setelahnya.
2. Berolahraga dengan perut kosong
Ketika agan berolahraga tanpa pengisian energi yang tepat, metabolisme agan akan menghemat setiap ons energi yang tersisa untuk kegiatan lain. Jadi agan akhirnya membakar kalori jauh lebih sedikit daripada yang agan punya sebelum berolahraga.
3. Makan hanya 1-2 kali setiap hari
Pegulat sumo harus bangun pagi, bekerja keluar dan kemudian tidak makan sampai akhir hari. Dengan cara ini mereka akan kelaparan dan akan makan apapun dalam jumlah yang besar. Hal ini memastikan surplus kalori yang besar dan berat badan maksimal. Ketika agan makan sejumlah besar kalori dalam satu waktu, tubuh akan menggunakan apa yang bisa dan kemudian mengisi cadangan energi ekstra untuk nanti. Bila perut agan sudah penuh, segala sesuatu yang tersisa disimpan secara langsung sebagai lemak.
4. Minum bir
Bir banyak kalori di dalamnya. Pegulat sumo minum dalam jumlah besar bir untuk teman makanan mereka. Untuk pegulat sumo, semakin besar perut lebih baik! nah kalau ini dipikir-pikir dulu ya gan, di Jepang sana bir memang sudah jadi kebutuhan.
5. Makan di Luar
Banyak studi telah menemukan bahwa orang yang makan di restoran akan makan 40% lebih banyak makanan dan 30% lebih banyak lemak dibandingkan makan di rumah. Pegulat sumo ingin mengalihkan perhatian satu sama lain sambil makan untuk memastikan mereka tidak melihat mereka “sudah penuh”. Mereka juga selalu memiliki orang lain yang memasak untuk mereka sehingga mereka tidak perlu memperhatikan lemak atau bahan.
6. Tidur setelah makan
Ketika mereka sudah selesai makan makanan yang besar, para pegulat akan tidur siang yang panjang. Tidur pada saat perut penuh memaksa tubuh untuk menyimpan sebagian besar kalori sebagai lemak karena tidak memiliki kemampuan untuk memetabolisme makanan dalam jumlah besar saat tidur.
Beberapa fakta lain :
Salah satu makanan wajib untuk para pegulat sumo, chankonabe. Makanan ini sejenis sup yang di dalamnya ada ayam, bakso, dan bahan-bahan penuh protein lainnya. Makanan ini sebagai pengaturan makan mereka, sangat sehat tapi dengan porsi yang besar.
Awal Karir
Untuk awalnya, Sumo itu semacam “diasramakan”. Mereka tinggal di satu tempat, dididik di sana, diatur segala makan dan aktivitasnya. Lalu kalau sudah berprestasi barulah bisa keluar dari sana. Yang kasian kehidupan pribadi mereka untuk bersosialisasi jadi sangat sedikit.
Source : Japan Course (@ine0489k)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar