Kamis, 14 Juni 2018

Misteri The Red Room


The Red Room adalah urban legend Jepang yang berawal dari rumor sebuah pop-up yang tiba-tiba muncul pada layar komputer ketika melakukan browsing di internet.
Diceritakan ada seorang remaja yang kecanduan internet dan mendengar kisah urban legend “The Red Room” dari salah satu teman sekolahnya. Malam harinya, dia browsing di internet untuk melihat apakah ia bisa menemukan sesuatu tentang urban legend itu. Sebuah pop-up tiba-tiba muncul dengan latar belakang merah yang berbunyi, “Anata wa suki-desu ka?” yang berarti “Apakah kau menyukai itu?”.
Seketika layar monitor berubah menjadi hitam dan deretan nama muncul dalam warna merah. Di bagian bawah deretan nama-nama tersebut, remaja itu melihat nama temannya... teman yang sebelumnya pernah memberitahu tentang kisah The Red Room. Tiba-tiba, remaja itu menyadari sesuatu di belakangnya dan kemudian ia kehilangan kesadaran.
Keesokan harinya, remaja itu tidak muncul di sekolah dan kemudian ada berita yang menghebohkan. Ternyata remaja itu telah tewas bunuh diri dan ditemukan sebuah catatan bunuh diri yang ditulis dengan darah.
Karena rumor tentang kutukan “The Red Room” sangat terkenal, beberapa orang mencoba untuk menuangkan kisah The Red Room yang menyeramkan itu kedalam sebuah animasi pendek dalam bentuk flash yang kemudian di upload ke situs di internet, banyak sekali yang merespon keberadaan flash animation yang berdurasi pendek ini. Isi ceritanya pun sangat mirip dengan rumor yang beredar tentang kutukan The Red Room.
Urban legend ini mulai dipercayai kebenarannya setelah pada tanggal 1 Juni 2004 di salah satu sekolah di Sasebo, Prefektur Nagasaki, Jepang. Seorang siswi berusia 14 tahun bernama Satomi Mitarai tewas setelah leher dan tangannya dipotong oleh teman sekelasnya dengan menggunakan cutter. Tragedi ini terkenal dengan nama “Sasebo Slashing”. Setelah polisi melakukan pemeriksaan terhadap pelaku, ternyata ia terinspirasi setelah menonton animasi pendek dari kisah urban legend The Red Room.

Source : Japan Course (@ine0489k)

1 komentar: