Selasa, 25 Desember 2018

Bagaimana Orang Jepang Merayakan Natal?


Hari raya Natal di Jepang hanyalah sekedar hari libur yang dirayakan bersama selama beberapa dekade terakhir. Tapi, hari tersebut masih belum dianggap sebagai hari libur keagamaan karena tidak begitu banyak kaum kristiani yang ada di Jepang. kini natal di Jepang menyerap kebudayaan populer yang terdapat di Amerika, seperti hari valentine dan juga Halloween. Natal di negeri matahari terbit itu, dikenal sebagai waktu berbagi kebahagian.
Banyak orang Jepang merayakan Natal. Keluarga dan teman-teman beramai-ramai mengadakan pesta, tentunya dengan kue, makanan yang lezat dan berbagai dekorasi natal. Seiring dengan liburan Tahun Baru, yang menjadi peristiwa besar pada musim pesta. Sebagian besar orang Jepang tidak pergi ke gereja untuk misa Natal, dan juga Natal disana bukanlah hari libur. Para orang tua yang telah memiliki anak akan memberikan mereka “hadiah dari santa”. Malam natal disana dianggap sebagai saat yang romantis, dimana banyak pasangan menghabiskan waktu bersama lalu bertukar kartu dan hadiah natal. Candlelight dinner di restoran dan tempat-tempat romantis yang akan menjadi indah saat natal dengan tata lampunya, juga akan dipenuhi para pasangan saat malam natal di Jepang.
Orang Jepang biasanya menyantap ayam goreng saat hari natal di Jepang, percaya atau tidak, hari itu adalah hari tersibuk selama satu tahun untuk franchise restoran siap saji KFC. Makanan tradisional Jepang disaat natal adalah kue natal, bukan kue dengan berbagai buah-buahan, melainkan sponge cake yang didekorasi dengan whipped cream dan strawberry.
Sebagaimana 25 Desember di Jepang bukanlah hari libur nasional, jadi sekolah dan berbagai usaha bisnis tetap berjalan seperti biasa pada hari tersebut. dalam bahasa Jepang mengucapkan Selamat Natal (merry Christmast) dengan “Meri Kurisumasu” dan maskot terkenal pada hari natal akan dipanggil “santa-san”.
Tapi, yang lebih mendekati budaya natal Amerika di Jepang adalah Tahun Baru Jepang yang disebut “Shogatsu”, periode dimana keluarga besar berkumpul, makan makanan yang spesial, berdoa, dan saling memberikan kartu ucapan. Tahun baru di Jepang dirayakan mulai 31 Desember sampai 4 Januari di Jepang, dan itu menjadi saat-saat tersibuk di sana

Source : http://anibee.tv/news/id/fashion-lifestyle/5340/bagaimana-orang-jepang-merayakan-natal

1 komentar: