Sabtu, 28 Januari 2017

Jamur Matsutake (The King of Mushrooms)

Oke langsung aja, mimin mau kasih info tentang kuliner nih hehe... pada tau kali dari gambarnya juga...
Oke buat kalian yang belum tau, kita sekarang akan bahas sebuah jamur yang di katakan kalo jamur itu jamur termahal lho... yaa, benar sekali ini adalah jamur Matsutake (jamur pinus)
Langsung saja yaa...

Matsutake merupakan jenis tumbuhan yang masih satu spesies dalam kategori Kingdom Fungi (Jamur), jamur ini tumbuh di tempat yang relatif memiliki suhu rendah, biasanya Matsutake tumbuh di negara-negara yang beriklim sejuk seperti di Jepang, China, Korea dan tempat yang sejuk di belahan bumi lainnya. Biasanya jamur ini akan tumbuh saat menjelang musim Gugur tiba hingga musim Gugur berakhir (September - November), karena memiliki  masa tumbuh yang relatif sebentar sehingga membuat harga jamur Matsutake ini begitu luar biasa mahalnya, 1 Pound bisa dihargai US $100 (1 Pound = ½ Kg) dan jika di rupiahkan bisa mencapai harga 1 Juta lebih.

Kenapa disebut Matsutake?

Karena jamur Matsutake berasal dari Bahasa Jepang yang berarti Matsu = Pinus dan Take = Jamur, sehingga bisa disebut juga sebagai jamur Pinus, kenapa bisa disebut seperti itu? karena habitat tempat jamur ini tumbuh adalah di hutan-hutan Pinus yang umumnya banyak berada di jepang. Jamur ini bersifat parasit karena tumbuh menempel di akar pohon Pinus, karena masih didalam keluarga Fungi, jamur ini tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga dia harus menempel di tumbuhan lainnya dan menyerap makanan dari tumbuhan yang ia tumpangi.

Hidangan Jamur Matsutake (料理)
Masyarakat jepang umumnya mensajikan Matsutake ini dalam bentuk berbagai variasi makanan tergantung dari selera masing-masing dari mereka juga, seperti mengirisnya menjadi 2 atau 3 bagian lalu memanggangnya di atas arang dan di sajikan dengan kecap asin (Shoyu), atau diiris kecil-kecil dan di tanak bersamaan dengan beras dan akan menjadi nasi jamur [Matsutake Gohan (松茸ご飯)] sehingga akan tercium aroma yang begitu khas nikmatnya, dan terkadang ada yang menceburkannya ke dalam soup pochi [Dobin Mushi (土瓶蒸し)] untuk di nikmati kaldu dari Matsutake yang lezat dan nikmat saat di santap hangat-hangat.

Supermarket Tempat Membeli Matsutake
Di Jepang jamur ini di jual di Supermarket, tetapi tidak semua Supermarket menjual jenis jamur pinus ini (Matsutake) mungkin di karenakan stoknya yang terbatas sehingga hanya Supermarket tertentu saja yang menjualnya. Kelebihan dari Matsutake ini adalah selain bentuknya yang besar dagingnya pun cukup tebal dan rasanya yang lezat.
Perbedaan ukuran jamur ini akan menentukan harga jamur tersebut di pasaran tentunya semakin besar bentuknya semakin mahal pula harganya, yang membuatnya begitu mahal adalah dikarenakan Matsutake ini sangat sulit untuk di budidayakan mungkin baru ada beberapa pertanian saja yang membudidayakannya dengan menggunakan serutan dari pohon pinus yang di bentuk kotak lalu di letakan di tempat ruang yang sejuk dan di beri bibit spora Matsutake. Sebagian besar jamur yang dijual di Supermarket adalah hasil panen dari alam, dan semoga di kedepannya akan lebih banyak lagi pembudidaya jamur Matsutake ini sehingga harganya bisa lebih murah.    

Source : http://maleoindo.blogspot.com/2014/11/jamur-matsutake-yang-langka-jamur.html?m=1, Japan Course (@ine0489k)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar