Minggu, 15 April 2018

Sungguh Indahnya Kota Yokohama


Yokohama merupakan salah satu kota di Jepang yang juga layak dijadikan tujuan wisata para wisatawan asing. Yokohama merupakan kota pelabuhan yang sangat berkembang pasca Jepang membuka dirinya dari politik isolasi di akhir abad ke-19. Yokohama sendiri memiliki jumlah penduduk sebanyak 3,6 juta jiwa dan merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Tokyo yang menjadi ibukota Negeri Sakura.
Yokohama yang merupakan pelabuhan utama di Jepang ini mulai berkembang sejak abad ke-13 pada masa Keshogunan Kamakura. Di sepanjang aliran Sungai Tsurumi dan Sungai Kashio merupakan daerah pertanian dan daerah pantai Teluk Tokyo berkembang sebagai desa nelayan. Pada abad ke-17, ketika Keshogunan Edo menjadikan Edo sebagai ibukota Jepang, Yokohama menjadi kota transit di jalur Tokaido. Ketika itu, terdapat rumah-rumah penginapan di tempat penghentian yang disebut dengan Kanagawa-juku, Totsuka-juku dan juga Hodogaya-juku. Tempat penghentian yang paling ramai ialah Kanagawa-juku karena dekat dengan pelabuhan Kanagawa yang super sibuk dengan lalu lintas kapal dan barang di Teluk Edo.
Nama Yokohama sendiri berasal dari nama desa nelayan yang bernama desa Yokohama yang berada di Distrik Kuraki, Provinsi Musashi. Sampai akhir masa Edo, Yokohama merupakan desa kecil diatas sebuah delta sungai yang penduduknya mayoritas sebagai petani dan nelayan. Kemudian kedatangan Komodor Matthew Perry di Jepang bersama pasukan AS dan meminta Jepang untuk membuka beberapa pelabuhan perdagangan. Dan akhirnya pada tahun 1858, Yokohama pun dibuka untuk kapal-kapal AS.
Pada awal abad ke-20, Yokohama berubah menjadi pelabuhan industri bersamaan dengan pengembangan kawasan industri Keihin. Pelabuhan Yokohama pun berubah sebagai pintu masuk impor besi baja, minyak bumi dan mesin-mesin. Dan dimasa sekarang Yokohama kemudian difungsikan sebagai pelabuhan kontainer dan salah satu dari berbagai pelabuhan di Jepang yang melayani ekspor-impor. Kota ini berusaha menjadi pusat dari perusahaan-perusahaan besar, serta pusat riset dan teknologi. Kota Yokohama termasuk dalam wilayah Kanto, Pulau Honshu, Prefektur Kanagawa, Jepang.

Source : jepang.panduanwisata.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar