Rabu, 18 April 2018

Tips Menghafal Kanji


Banyak banget orang bertanya, gimana yah cara cepat menghafal kanji???
Sebenernya sih cara mimin sendiri itu yah banyakin baca. tapi jadinya mimin cuma bisa baca ga bisa nulis.
Nah, di kesempatan kali ini, mimin akan sharing artikel yang mimin temui di internet.
Hai sahabat, Bahasa Jepang merupakan bahasa yang asyik untuk dipelajari. Dari segi pengucapannya yang tidak serumit pronunciation pada bahasa Inggris membuat banyak orang gemar mempelajari bahasa Jepang. Bahasa Jepang sangat penting bagi kamu yang ada rencana untuk tinggal di Jepang, kerja di Jepang, atau menikah dengan orang Jepang, karena apabila kita berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan orang Jepang, maka akan terasa sangat susah, karena orang Jepang memiliki kesulitan dalam berbahasa Inggris (dibahas dalam artikel 5 Alasan Orang Jepang Sulit Belajar Bahasa Inggris).
Dalam bahasa Jepang dikenal 3 huruf, yakni Hiragana, Katakana, dan Kanji. Hiragana dan Katakana merupakan huruf asli Jepang, sedangkan huruf Kanji adalah huruf yang diadopsi dari huruf China. Ada satu huruf lagi dalam bahasa Jepang yaitu Furigana, Furigana umumnya digunakan dalam buku-buku dan program tv untuk anak-anak, furigana merupakan cara membaca huruf kanji yang ditulis menggunakan huruf hiragana dan ditulis kecil diatas huruf kanji. Furigana biasanya juga ada di komik-komik (manga).
Melihat orang lain bisa lancar berbahasa Jepang, lancar membaca tulisan Jepang tentunya membuat kita iri dan berusaha agar kita bisa juga. Nah, salah satu kendala yang dihadapi dalam mempelajari bahasa Jepang adalah penggunaan huruf kanji dalam setiap kosakata Jepang.
Menghafal huruf kanji tidak semudah menghafal huruf hiragana dan katakana, karena ada ribuan kanji dalam bahasa Jepang. Belajar Kanji perlu banyak latihan dan waktu yang lama.
Nah, untuk membantu kalian yang sedang belajar kanji, mimin punya tips nih buat kalian.
1.  Tulislah huruf kanji disetiap barang-barang yang ada di kamarmu
Tulislah huruf kanjinya dan taruh di dekat barang tersebut, misalnya kanji  hon, lalu taruh di dekat buku, yang arti dari kanji ini adalah “buku”, lakukan pada barang-barang yang lain.
2.  Menulis minimal 10 kanji perhari
Tulislah kanji di kertas paling tidak 10 kanji dalam sehari, tulislah secara berulang sampai cukup hafal.
3.  Manfaatkan komputermu dan smartphonemu
Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk membantu menghafal kanji dengan cepat, yakni aplikasi yang berupa kuis-kuis kanji. Aplikasi ini memuat kanji-kanji berdasarkan urutan Jouyou dan JLPT kemudian menampilkan soal-soal pilihan ganda, listening, maupun writing. Aplikasi dan softwarenya tersedia offline, online, untuk PC berbasis Windows dan Smartphone berbasis Android. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang saya temukan dan saya gunakan juga untuk keperluan belajar saya :
·   ZKanji
·   Obenkyo
·   Wakan
·   JA Sensei
·   Anime Manga English
Berikut akan dibahas satu persatu :
·   ZKanji
Software ini merupakan software untuk platform Windows yang sangat lengkap, mulai dari tabel kanji, arti dari kanji, kamus Jepang, hinggan urutan cara menulis kanji (stroke order). Dalam software ini juga terdapat games yakni kuis pilihan ganda yang membantu menghafal kanji menjadi lebih mudah.
ZKanji dapat didownload dengan gratis di zkanji.sourceforge.net.
·   Obenkyo
Obenkyo adalah sebuah aplikasi Android yang bisa digunakan untuk mempelajari kanji, kosakata untuk tes JLPT, dan Grammar Jepang (Tae Kim). Aplikasi ini memiliki tampilan yang minimalis dan sederhana, dan aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar, sehingga cocok diinstall di smartphone anda.
Download Obenkyo bisa lewat playstore perangkat kalian masing-masing.
·   Wakan
Software ini sebenarnya fungsinya hampir sama dengan ZKanji, cuma tampilannya saja yang agak berbeda. Jika anda tertarik bisa mendownload melalui link dibawah ini.
·   JA Sensei
Aplikasi Android ini sangat bagus sekali untuk mempelajari bahasa Jepang dan kanji, karena tampilan aplikasi ini menarik dan ada juga kuis-kuisnya, mulai dari kuis pilihan ganda, menulis, mendengar, membaca, sangat mudah sekali dilakukan, terdapat sekitar 2000 kanji. Jika anda punya uang lebih bisa membeli premium packnya untuk seumur hidup. Premium pack berisi paket yang lebih lengkap daripada JA Sensei versi gratisnya.
·   Anime Manga English
Ini merupakan tempat belajar kanji melalui permainan atau games secara interaktif yang disertai dengan berbagai karakter-karakter lucu, sehingga membuat anda merasa nyaman ketika belajar kanji. Aplikasi ini berbasis web sehingga anda perlu online dan menjalankannya di browser anda, dapat diakses melalui portal.
Nah itu menurut artikel yang mimin temui di internet. Tapi tentu cara menghafal setiap orang kan beda-beda. Karena itu, yuk comment tips kalian menghapal kanji supaya bisa saling sharing!

Source : Japan Course (@ine0489k)

1 komentar: