Minggu, 24 Juli 2016

Hinamatsuri

Halo Minna…,
Kemarin mimin udah posting tentang Hari Perayaan Anak Laki-laki di Jepang, nah... sekarang giliran anak perempuan yah.., oke cekidot!!!

Hinamatsuri ひな祭り (Festival Boneka/ Festival Anak perempuan) jatuh pada tanggal 3 maret. Festival ini untuk mendoakan agar anak perempuan tumbuh dengan sehat. Keluarga yg memiliki anak perempuan merayakannya dengan menghias boneka Hina, meletakkan bunga persik serta menikmati shirozake dan sushi.

Pada awalnya, boneka Hina merupakan boneka yang diletakkan di sisi tempat tidur sebagai “pengganti”, agar anak perempuan terhindar dari bencana. Kebiasaan ini berkembang menjadi “nagashibina” pada zaman Heian, yaitu menghayutkan boneka kertas ke sungai, agar bencana juga ikut hanyut bersama boneka tersebut. Boneka Hina yg disusun bertingkat seperti sekarang ini dimulai pada zaman Edo dimana boneka Hina dijadikan salah satu perlengkapan pengantin permaisuri.
Boneka Hinamatsuri
Nagashibana
Shirozake (sake putih)
Setiap boneka memiliki arti tersendiri. Terdiri dari 3, 5, 7 tingkat dan di tingkat teratas diletakkan boneka kaisar dan permaisuri yang merupakan gambaran dari pasangan suami istri yang ideal. Pada boneka Hina 3 tingkat, di tingkat kedua diletakkan tiga boneka putri istana. Ketiga putri inilah yang melayani kaisar dan permaisuri, mereka membawa peralatan minum shirozake. Di tingkat ketiga yaitu 5 boneka pemusik pria yang memainkan taiko, okawa, kotsuzumi, fue, utai.

Source : Island Japan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar