Kamis, 01 Maret 2018

Jenis Jamur yang Populer di Jepang

皆さん、おはよう
Mina san suka makan jamur?
Kali ini Mimin mau share informasi sedikit mengenai jamur di Jepang.
Berikut ini beberapa jenis jamur yang populer di negara Jepang. 
1.  Shiitake
Jamur ini menjadi salah satu jamur yang populer. Jamur shiitake tersedia dalam bentuk yang segar atau kering. Jamur ini merupakan unsur pokok penting dalam kuliner Jepang. Shiitake kering memiliki rasa gurih dengan tekstur yang kenyal, Anda dapat mencampurkan jamur ini kedalam sukiyaki.
Jamur ini mengandung vitamin B dan C serta rendah kalori. Jamur shiitake ini dipercaya dapat mencegah kanker dan membuat umur lebih panjang karena kaya akan antioksidan.
2.  Enokitake
Jamur enokitake atau enoki memiliki kepopuleran yang hampir sama dengan jamur shiitake. Memiliki ciri berwarna putih, bertekstur halus dan berbentuk ramping menjadikan jamur ini sangat cocok dimasak dalam hot pot. Jamur yang memiliki nama lengkap enokitake ini memiliki tekstur seperti mie konyaku yang renyah dan licin. Enoki lebih banyak dicampurkan dalam shabu-shabu hingga cawan mushi.
3.  Matsutake
Dikenal dengan raja jamur, matsuake banyak ditemukan di alam liar dan tumbuh di dekat pangkal pohon pinus (matsu). Jamur ini memiliki harga yang cukup mahal dan hanya tersedia pada musim gugur. Tak hanya dikonsumsi masyarkat Jepang, matsutake juga telah diimpor ke negara lain seperti Maroko dan Turki. Jamur ini lebih banyak dimasak dengan cara dipanggang atau dimasak dengan campuran nasi.
4.  Shimeji
Shimeji memiliki dua varietas yaitu putih dan cokelat. Jamur jenis ini memiliki bentuk batang yang ramping dan bergerombol dengan payung jamur berwarna putih dan cokelat. Panjang batangnya sekitar 10 cm dengan diameter payung sekitar 1 cm. Jamur shimeji biasanya diolah menjadi campuran sup, salad, ditumis atau digoreng tepung.
Jamur2 tersebut juga diperjual-belikan di Indonesia, jadi jangan khawatir gabisa nyobain jamur2 tsb., pergi aja ke pasar kalo ada sih..

Source : https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-3032274/matsutake-dan-enokitake-jamur-jepang-yang-populer-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar