☆ミ(o*・ω・)ノよっ
おはよう。
Di
Jepang, ada ribuan maskot karakter yang disebut “Yuru-Kyara” yang mempromosikan
berbagai produk dan dapat ditemukan di mana-mana. Setiap tahunnya digelar ajang
pemilihan maskot yang paling populer di Jepang yaitu Yuru-Kyara Grand Prix. Maskot
tersebut sangat banyak jumlahnya, bahkan menurut Masafumi Hagiwara, seorang
peneliti di Mitsubishi UFJ Research and Consulting, ada sekitar 4.000 maskot
lokal yang terkait pemerintah di Jepang, dengan tambahan 6.000 karakter di
instansi pemerintah pusat, perusahaan dan organisasi lainnya. Malah, untuk
menghemat pengeluaran yang tidak perlu, Kementerian Keuangan tahun lalu telah
meluncurkan kampanye untuk memangkas jumlah maskot yang ada.
Seperti
dikutip dari washingtonpost.com,
banyaknya maskot karakter tersebut telah membuatnya menjadi industri yang
begitu besar di Jepang dan bisa menjadi pilihan karir, dengan bayaran antara
$60-$100. Michiyuki Arano adalah salah satu pelaku yang menekuni bidang ini,
yang awalnya memutuskan untuk belajar di Choko Group Mascot Actors’ School di
Tokyo. Menurut Arano dengan bekerja sebagai maskot ia bisa menjadi sosok yang
lain dari dirinya yang biasa, dan dengan melihat reaksi dari berbagai orang
yang ditemuinya saat sedang mengenakan kostum berbentuk hewan berbulu itu,
membuatnya ingin membantu mereka.
Menurut
Choko Ohira, yang telah menekuni bisnis maskot karakter selama 40 tahun, ada
beberapa orang yang datang ke Mascot Actors’ School untuk bekerja secara
profesional, ada juga yang hanya bersenang-senang, dan ada yang memang
melakukannya untuk melepas stres. Dengan biaya $270 untuk pelatihan selama 2
jam sebanyak 12 kali, Ohira mengajarkan bagaimana cara bergerak saat mengenakan
kostum maskot sehingga membuat karakter itu terlihat hidup.
こう言う仕事に興味があって励みますか?
Berminat
menekuni pekerjaan seperti ini?
Source
: washingtonpost.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar