Senin, 19 Maret 2018

Seragam Sekolah Perempuan Bagian dari Budaya di Jepang

Yoo ohayou~~~
Seragam Sekolah, tidak semua sekolah (SMA) yang ada di berbagai dunia memerlukan kombinasi berbagai item pakaian dan aksesoris yang harus digunakan setiap harinya saat hadir ke sekolah, seperti yang terjadi di Jepang, Indonesia atau negara-negara Asia lainnya. di Jepang khususnya untuk perempuan, seragam sekolah bukan hanya sekedar pakaian, mereka telah menjadi simbol dari “sheishun” atau anak muda dan menjadi bagian besar dari budaya negeri matahari terbit tersebut. cewek-cewek sekolahan di Jepang mencintai pakaian mereka, dan terdapat fans dari seragam sekolah wanita dari seluruh dunia.
Jepang telah memiliki seragam sekolah selama sekitar 150 tahun. Mereka pertama kali digunakan untuk menunjukkan sekolah mana yang dihadiri oleh seorang murid, kini mereka telah menjadi salah satu simbol terbesar dari budaya kawaii Jepang. Sailor suit style dikenal di Jepang pada 1920, disusul seragam sekolah yang menggunakan blazer pada tahun 1980.
Kedua tipe seragam diatas adalah tipe seragam sekolah standar yang bisa kita temui di toko-toko umum, namun bukan hanya mereka aja tipe2 seragam sekolah yang ada di Jepang loh^^, yang lain juga ada lagi, nah yaitu :
1.  Seragam Bolero
2.  Seragam Eton Jacket
3.  Seragam Jumper Skirt
4.  Seragam Suspender Skirt
5.  Seragam Terusan

Nggak cuma seragam aja, mereka juga pakai pelengkap biar keren2 gitu seperti sweater, tas, sepatu dan lainnya.
·    Sweater
Kecuali untuk musim yang lebih hangat, gadis-gadis sekolahan Jepang biasanya memakai sweater atau rompi. Kecuali mereka memiliki sweater atau rompi dari sekolah yang harus mereka pakai, mereka biasanya memilih salah satu sweater milik mereka sendiri, biasanya warna dasar untuk sweater putih, hitam, abu-abu, dan krem.
·    Kaus Kaki
Kaus kaki untuk seragam sekolah telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun. Mereka bukan sekedar kaus kaki, mereka mengubah keseluruhan image dari pakaian Anda. Ada dua warna utama, biru/hitam dan putih. Panjang yang paling standar untuk seragam sekolah wanita di Jepang adalah sampai bawah lutut. Namun trend baru-baru ini, menggunakan kaus kaki yang jauh lebih pendek dari umumnya adapun style kaus kaki yang lainnya yakni “gyaru”.
·    Sepatu
Mayoritas mereka menggunakan pantofel dengan warna hitam atau coklat. Ada pantofel yang memiliki hak sehingga mereka akan memiliki gaya yang lebih baik, adapun trend baru lainnya yakni menggunakan sneakers dengan seragam sekolah mereka.
·    Pita dan Dasi
Pita dan dasi adalah cara lain untuk memamerkan selera pribadi anda. Ada berbagai jenis pola dan desain, akan selalu menyenangkan untuk menemukan satu yang menjadi favorit.
·    Tas Sekolah
Beberapa sekolah memiliki tas sekolah mereka sendiri dimana siswanya diwajibkan untuk menggunakannya, adapun sekolah lainnya yang tidak memilikinya. Tas sekolah yang standar dan umum digunakan biasanya terbuat dari nilon dan kulit, bagi mereka yang melakukan olah raga mungkin menggunakan enamel bag, backpack juga terkenal akhir-akhir ini.
·    Panjang Rok
Telah disepakati secara umum untuk gadis-gadis sekolah di Jepang bahwa panjang rok “terbaik” yakni 15cm diatas lutut, tidak terlalu pendek ataupun panjang. Namun beberapa sekolah di Jepang kini mengharuskan siswinya untuk menggunakan rok yang lebih panjang, para siswi mengakalinya dengan melipat rok bagian atas mereka agar panjang rok terlihat pas dengan keseluruhan seragam sekolah.
Nah kurang lebihnya mimin baru bisa nyampain segitu wkwk, gimana ada yang mau sekolah di Jepang? Terus pakai seragamnya yang kawaii2? yukk mimin juga mau nih kan biar unyu2 gimana gituu yaa uuu T^T #alihkanlupakan
Source : http://anibee.tv/news/id/life-and-love/5056/seragam-sekolah-perempuan-bagian-dari-budaya-di-jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar